12/06/2021

Kwarcab Gerakan Pramuka Musi Rawas Sukses Adakan Dua Kegiatan

MUSI RAWAS- Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Musi Rawas (Mura) sukses adakan dua kegiatan sekaligus. Diantaranya Perkemahan Pondok Pesantren Mutiara Al Quran (PPMA) Kecamatan Selangit dan upacara Purna Bhakti Aipda Supardi, serta perlombaan Pramuka Saka Bhayangkara di Polres Mura, Selasa (17/12).

Sementara untuk di Kecamatan selangit, perkemahan diadakan selama tiga hari dimulai dari 16 hingga 18 Desember 2019. Diikuti oleh tingkat siswa SD, SMP, dan SMA se-Kecamatan Selangit.

Wakil Bupati Mura sekaligus Kakwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Mura, Hj Suwarti didampingi Sekretaris Kwarcab Mura, Edi Siswanto mengatakan kepramukaan yang diadakan ditingkat Kecamatan Selangit atas motivasi Camat Selangit, Hj Rusana Mulawati dan semangat pengurus Kwarran Selangit. Serta  panitia dan peserta perkemahan adalah siswautusan sekolah di Kecamatan Selangit.

Selama beberapa bulan ini banyak kegiatan pihaknya lakukan. Seperti perkemahan di Kecamatan Selangit, Sukakarya dan Muara Kelingi.

“Untuk jumlah siswa yang ikut perkemahan di Kecamatan Selangit sebanyak 248 orang,” kata Edi Siswanto.

Edi lebih lanjut menjelaskan, selama perkemahan berlangsung ada banyak kegiatan dilakukan. Yakni perlombaan-perlombaan, penyuluhan narkoba dri BNNK Mura, permainan persahabatan dan lainnya.

“Sedangkan untuk acara di Polres Mura, kita hanya fasilitasi saja. Dikarenakan Aipda Supardi sudah lama bergabung di Kwarcab Mura dan sudah banyak berkorban, jadi Kapolres Mura meminta diadakan kegiatan perlombaan kepramukaan,” jelas Edi.

Menurut Edi, adapun kegiatan perlombaan yang diadakan di Polres Mura. Seperti, lomba Pioneri, Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB) dan Fashion Show yang diikuti lebih kurang sebanyak 150 siswa se-Kabupaten Mura.

“Beliau (Aipda Supardi) adalah orang lama didalam pramuka, jadi acara ini dibuat khusus dan penghargaan untuk dia,” jelas pria tinggi ini.

Ditambahkan Edi, selama tiga tahun berturut-turut ini pihaknya rutin melakukan kegiatan kepramukaan. Bertujuan agar pramuka aktif di Kabupaten Mura, dan selain itu pihaknya telah berkerja sama dengan Polres Mura, Kodim 0406 MLM, BNNK Mura, BPBD dan lainnya.

Suwarti juga mengharapkan agar semua pengurus untuk aktif melakukan kepramukaan agar membina generasi muda. Harus menjadi panutan dalam masyarakat.

“Saya berharap melalui oganisasi pramuka ini, harus giat dan harus menjadi panutan dalam masyarakat. Serta dapat membina generasi muda agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang negatif, seperti penyalahgunaan narkoba oleh generasi muda,” harap Suwarti.

Selain itu, Suwarti juga mengucapkan terima kasih kepada Aipda Supardi yang telah banyak mengabdi selama di organisasi pramuka. Semoga selama Purna Bhakti diberikan kesehatan dan umur yang panjang. (*)

Laporan: Daulat

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: