11/06/2021

Warning: sprintf(): Too few arguments in /home/u5138074/public_html/suarasumsel.co.id/wp-content/themes/covernews/lib/breadcrumb-trail/inc/breadcrumbs.php on line 254

Dengan Anggaran Rp.12 Miliyar Pembangunan Mapolres Muratara Mulai Dikerjakan


Muratara – Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mulai dibangun. Tepat hari Jumat (18/10/2019) pukul 09.30 WIB, dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Mapolres Muratara, yang dilakukan langsung oleh Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Firli dan Gubernur Sumsel Herman Deru.

Pembangunan Mapolres Muratara berada di Desa Karang Anyar, Kecamatan Rupit. Yang mana Pemkab Muratara telah menyiapkan lahan seluas 5,5 hektare di pinggir Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalinsum).

Bupati Muratara Syarif Hidayat menyampaikan, pembangunan Mapolres menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Muratara. Tahap awal Pemkab Muratara menganggarkan dana sebesar Rp.12 miliar untuk pembangunan gedung utama Polres Muratara.

“Tahap awal ini kita bangun gedung utamanya dulu. Setelah itu nanti kita bangun gedung dan fasilitas lainnya,” ujar Syarif.

Proses pembangunan Mapolres Muratara akan dikerjakan secara bertahap dan berkelanjutan, karena tidak cukup setahun dua tahun, terlebih anggaran terbatas, sedangkan proyek ini memerlukan anggaran yang tidak sedikit.

Ditambahkan oleh Syarif gedung utama Mapolres Muratara dibangun menggunakan APBD 2019 dan 2020. Dengan rincian, dana Rp12 miliar untuk pembangunan gedung utama dianggarkan Rp2 miliar APBD perubahan 2019 dan Rp10 miliar APBD induk 2020.

“Anggaran Rp2 miliar APBD perubahan 2019 untuk pondasi tiang pancang. Kemudian dilanjutkan tahun 2020 sebesar Rp10 miliar APBD induk,” ungkapnya

Berdasarkan pantauan denah gedung utama Mapolres Muratara terdiri dari tujuh ruangan. Antara lain, ruang Kapolres, ruang Wakil Kapolres, ruang tamu Kapolres, ruang tahanan, ruang bagian keuangan, ruang bagian sumber daya, dan ruang bagian operasional.

Sedangkan denah keseluruhan Mapolres Muratara terdiri dari 12 bangunan, seperti gedung utama, ruang bagian perencanaan dan logistik, ruang Satuan Lalu Lintas, serta ruang Sabhara dan Tahti. Kemudian, ruang Satuan Reserse Kriminal, ruang Satuan Reserse Narkoba dan Siwas, ruang Satuan Intelkam dan Binmas, ruang penjagaan SPK dan P3D, masjid, aula, kantin serta lapangan apel.

Peletakan batu pertama Mapolres Muratara juga dihadiri oleh PLT Kapolres Muratara AKBP Adi Witanto, Kapolres Mura AKBP Suhendro, dan Bupati Musi Rawas Utara H Syarif Hidayat, anggota DPR RI terpilih dapil Sumsel  dari Muratara Fauzi H Amro dan Ketua DPRD Muratara Efriansyah, Kasdim 0406 MLM Mayor Inf B Hutauruk , dan PLT pejabat Polres Muratara yang terdiri dari Wakapolres, Para Kabag dan kasat.

Dalam sambutannya Kapolda Sumsel Irjen Pol Firly Bahuri menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi Sumsel dan khususnya Kabupaten Muratara yang telah membantu memberikan dana hibah untuk pembangunan Mapolres Muratara tersebut.


Sumber : murexs.com

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: