12/06/2021

Bupati Musi Rawas Buka Musrenbang Kabupaten Tahun 2020

MUSI RAWAS- Seluruh peserta Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2021, di gedung Auditorium Pemkab Mura, Komplek Agropolitan Center, Desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti diwajibkan ikuti biometri scanner dan mengenakan masker.

Musrenbang mengusung tema, “Meningkatkan Pembangunan Berbasis Kearifan Lokal dan Sumberdaya Lokal Menuju Pembangunan Berkelanjutan,” dibuka oleh Bupati Mura H Hendra Gunawan, dihadiri oleh Kepala Dinas Bappeda H Nanti Kasih, Ketua DPRD Mura Azandri dan diikuti peserta dari seluruh Kepala Dinas Pemkab Mura, 14 Camat, serta perwakilan dari Dinas terkait lainnya.

Berita acara (BA) Musrenbang ditandatangani oleh Kades Sukamulya Kecamatan Tuah Negeri, Camat Megang Sakti, Kepala BPKAD Mura, Ketua DPRD Mura dan Bupati Mura.

Kades Sukamulya menandatangani (BA) mewakili para kades karena dapat kategori desa terbaik dalam pengelolaan Air Minum Penyehatan Lingkungan (AMPL). Sedangkan Camat Megang Sakti, karena kecamatannya penyelenggara musrenbang terbaik tingkat kecamatan tahun 2020.

Kepala Dinas Bappeda Mura, Nanti Kasih mengatakan RKPD Kabupaten Mura Tahun 2021 merupakan sebuah dokumen perencanaan pembangunan yang menjadi pedoman untuk perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian serta pertangungjawaban pembangunan daerah.

“Untuk itu, harmonisasi, sinkronisasi serta sinergi usulan program dan kegiatan dari seluruh stakeholder pembangunan diharapkan dapat dilaksanakan dalam setiap proses perencanaan,” jelasnya.

Hendra Gunawan juga mengatakan Musrenbang yang dilaksanakan ini mempunyai arti penting dalam rangkaian penyusunan dokumen rencana pembangunan Kabupaten Mura, terkhusus rancangan RKPD Kabupaten Mura Tahun Anggaran 2021.

“Kita harus tetap optimis dan bersama-sama menjalankan tugas kita, meski kondisi saat ini tengah mewabah virus Corona,” kata Hendra Gunawan.

Lanjutnya, alhamdulillah sampai saat ini kodisi Kabupaten Mura masih zona hijau, nmun semuanya harus tetap disiplin dalam mematuhi aturan yang berlaku dan selalu meningkatkan kewaspadaan mencegah penyebaran virus Corona.

“Bahwa dengan memenuhi semua upaya pencegahan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan lainnya yang dilakukan semua peserta, diharapkan tidak mengurangi hikmatnya kegiatan musrenbang ini,” harapnya. (dlt/Adv)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: