15/01/2021

Puluhan Warga Karya Teladan Seruduk Kantor Camat Kelingi

*Warga Merasa Jegal Terhadap Pencalonan BPD

MUSI RAWAS- Puluhan warga SP V Desa Karya Teladan, Kecamatan Muara Kelingi seruduk kantor Camat. Mereka melakukan aksi damai itu, karena warga merasa jegal terhadap pencalonkan  anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) didesa tersebut, pukul 10.00 WIB, Senin (7/10).

Tuntutan mereka melakukan aksi tersebut yakni, mereka mau mendaftar calon anggota BPD namun ditolak oleh panitia BPD. Sedangkan yang lain mendaftar diterimah.

Seperti dikatakan Koordinator aksi, Buston menjelaskan bahwa pada 1 Oktober 2019, dirinya menanyakan ke sekretariat pemilihan BPD, dan dijawab bahwa hanya tujuh orang yang mendaftar.

“Saya tahu bila sesuai tahapan bahwa pendaftaran sudah ditutup, namun kuota belum terpenuhi. Jika kuota belum terpenuhi, maka ada perpanjangan pendaftaran,” kata Buston.

Lanjut Buston menjelaskan pada 4 Oktober dirinya kembali hendak mendaftar namun ditolak, karena kuota sudah terpenuhi. Dirinya sudah menemukan ketua panitia. Mareka bilang bahwa kuota balon BPD sudah terpenuhi yakni sebanyak 14 orang.

“Mendengar itu saya langsung  menanyakan kepada tiga orang warga yang mendaftar susulan tersebut, ternyata mareka hanya menyetor poto copi KTP dan mareka hanya menjadi balon BPD banyangan, agar kuota terpenuhi,” jelas Buston sambil menunjukan isi tuntutan mereka.

Sedangkan warga yang dijadikan balon BPD bayangan tersebut. Yakni istri ketua panitia, istri balon BPD dan keponakan balon BPD. Tindakan ini jelas menciderai pesta demokrasi pemilihan BPD, setelah mekanisme ditentukan kades, lalu pendaftarannya juga dibatasi.

“Memang  Kades Karya Teladan adalah adik ipar dari Camat Muara Kelingi, tapi inikan untuk kepentingan orang banyak dan demi majunya Desa Karya Teladan. Jika mereka seperti ini, maka jelas tidak adil,” tegas Buston sambil marah.

Ditambahkan Buston, pihaknya bersama warga lain sudah bolak-balik untuk mekenisme pemilihan sesuai kehendak masyarakat. Sebab Musdes yang diselegarakan tidak sesuai dengan Perbup.

“Jangan manfaatkan jabatan untuk menutup ketakutan. Saya siap berterung secara langsung, berkas saya sudah siap. Ya, penilaian kami inilah niat buruk panitia  supaya kami tidak calon BPD, karena mereka takut jagoannya kalah,” tantang Buston.

Saat dikonfirmasi, Camat Muara Kelingi Firdaus melalui nomor 08237677xxxx  sampai berita ini diterbitkan belum ada jawaban. (*)

Laporan: Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: