19/04/2021

Posyandu Kelurahan Selangit, Mengikuti Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Musi Rawas

MUSI RAWAS- Mewakili Kecamatan Selangit, Posyandu Bahagia Kelurahan Selangit ikuti penilaian lomba Posyandu Balita dan Lansia. Kegiatan tersebut di buka secara resmi oleh Camat Selangit, Hj Rusana Mulawati bertempat di Kantor Lurah Selangit, Selasa (4/2).

Penjurian untuk Posyandu yang mengikuti lomba ini terdiri dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP dan KB), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pendidikan (Disdik).

Lurah Selangit, Samsul merasa bangga bahwa  kegiatan penilaian lomba Posyandu itu diadakan di Kelurahan yang dirinya pimpin. Dan para pesertanya terdiri dari  162 balita dan 67 lansia.

“Dengan diadakannya lomba posyandu ini akan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat, sehingga keberadaan posyandu akan meningkatkan kinerja dan pelayanannya kepada masyarakat,” kata Samsul.

Selain itu juga, adanya lomba posyandu ini bertujuan sebagai salah satu  upaya untuk meningkatkan kunjungan balita di posyandu, meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan kader posyandu serta peran masyarakat akan pentingnya Posyandu dalam peningkatan gizi dan kesehatan.

“Hal ini dikarenakan  fungsi  Posyandu sebagai ujung tombak dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak yang mencakup lima fungsi pelayanan yakni pemantauan pertumbuhan, penyuluhan gizi dan kesehatan, imunisasi, pelayanan KB dan pelayanan kesehatan dasar,” jelasnya.

“Semoga dengan dilakukannya Posyandu ini, supaya anak-anak tidak terjangkit penyakit dan menjadi anak yang cerdas. Serta untuk lansia, semoga bisa menjaga kesehatannya,” harap pria tinggi ini.

Camat Selangit, Hj Rusana Mulawati mengatakan bahwa di 2020 ini Kelurahan Selangit satu-satunya mewakili Kecamatan Selangit untuk mengikuti lomba Posyandu tingkat Kabupaten Mura. Selain Posyandu, ada juga lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Desa Prabumemang.

“Ya, kedua lomba itu tim penilainya sama, dan lomba posyandu ini dilaksanakan rutin setiap tahun yang diikuti oleh beberapa posyandu yang mewakili tiap tingkatan di masing-masing kecamatan se-Kabupaten Mura,” kata Rusana Mulawati.

Maka dirinya berharap mudah-mudahan keduanya bisa terbaik ditingkat Kecamatan Selangit. Dan ditargetkan menang di tingkat Kabupaten Mura.

“Tahun 2019 lalu Desa Muara Nilau mendapatkan juara III mewakili Kabupaten Mura ditingkat Provinsi Sumsel, maka di 2020 ini Kelurahan Selangit ditargetkan bisa lebih baik lagi dan bisa menang di tingkat Kabupaten serta Provinsi,” harapnya. (dlt)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: