21/04/2021

PemDes Taba Remanik Gelar Musrenbang Desa Tahun Anggaran 2020

MUSI RAWAS– Pemerintah Desa Taba Remanik, Kecamatan Selangit gelar Musyawaran Perancanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa untuk tahun anggaran 2020. Kegiatan yang diselenggarakan di Balai Desa Taba Remanik itu di buka langsung oleh Camat Selangit, Hj Rusana Mulawati, Jumat (27/12).

Musrenbang desa adalah forum musyawarah perencanaan tahunan di tingkat desa untuk membahas dan menyepakati usulan kegiatan pembangunan hasil musyawara dusun, hasil dari Musrenbang desa di usulkan di tingkat kecamatan.

Ada 3 peraturan menteri desa yang menjadi acuan yaitu, Permendesa no. 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa, Permendesa no. 17 tahun 2019 tentang pedomana umum pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Selain itu, juga mengacu pada Permendesa no. 16 tahun 2019 tentang musyawarah desa.

Kades Taba Remanik, Jamil mengatakan melalui kegiatan Musrenbang desa ini mendorong partisipasi masyarakat desa dalam menyusun perencanaan pembangunan tahunan di tingkat desa.

“Kegiatan ini di mulai dengan tahapan penggalian gagasan di tiap-tiap dusun yang ada di desa, dan hasil penggalian gagasan di tingkat dusun juga turut di ikut sertakan sebagai bahan Musrenbang di tingkat desa,” kata Jamil.

Beberapa usulan tokoh masyarakat ikut mewarnai kegiatan itu dengan suasana hangat dan bersahabat di tanggapi oleh pihak desa maupun pihak kecamatan. Sehingga nampak komunikasi dua arah yang berjalan baik, sehingga terciptanya usulan yang di rencanakan menjadi skala perioritas untuk usulan Musrenbang desa tahun 2020.

“Usulan usulan dari bawah ini nantinya akan kita bawah ke Musrenbang tingkat Kecamatan dan akan diputuskan hasilnya pada Musrenbang tingkat Kabupaten,” jelas pria tinggi ini.

Sementar Camat Selangit, Rusana Mulawati meminta agar warga memilih yang menjadi skala prioritas. Apalagi tidak semua program bisa terealisasi, dikarenakan keterbatasan anggaran.

“Harapannya semoga apa yang kita usulkan untuk pembangunan dapat tercapai tanpa ada hambatan, karena ini menyangkut kepentingan kita bersama,” harap wanita berhijab ini. (*)

Laporan: Daulat

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: