25/01/2021

Lomba Bertutur Cerita Musi Rawas Sukses


*Agar Anak-anak Cinta Dengan Budaya Sendiri

MUSI RAWAS- Lomba bertutur cerita tingkat SD/MI yang di adakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dirpersip) Kabupaten Musi Rawas (Mura) sukses. Kegiatan tersebut bertempat di Halaman Kantor Dispersip  Kabupaten Mura, Kamis (13/2).

Adapun tema dalam kegiatan itu, yakni “Merawat Budaya dan Meningkatkan Kegembaran Membaca Dengan Lomba Bertutur Cerita”.

Kepala Dinas Perpustakan dan Kearsipan, Kabupaten Mura, Supriyadi melalui Kabid Pengembangan dan Pembinaan, Dra Amnes Kadarwasti menyampaikan lomba tersebut adalah agenda tahunan. Guna meningkatkan minat baca, dan membudayakan masyarakat agar rajin membaca buku dan cinta dengan budaya sendiri.

“Lomba ini pesertanya dipilih dari tingkat kecamatan yang ada di Kabupaten Mura, dan setiap kecamatan dikirim dua  peserta,” kata Amnes Kadarwasti.

Selain itu, untuk juara I yakni M Fahmi Nuralfian dari SD N II L Sidoharjo Tugumulyo, juara II Keys Salsabila dari SD N I Muara Kati Baru dan juara III Dimas Ananda dari SD N Ciptodadi Sukakarya.

“Setiap pemenang akan diberikan piala dan piagam penghargaan, serta uang pembinaan,” ucapnya.

Menurut Amnes sapaanya, seluruh peserta itu semuanya duduk di kelas V SD yang akan bercerita dongeng rakyat Kabupaten Mura. Dan para pemenang juara I dan II akan dikirim ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), untuk mengikuti lomba bertutur cerita selanjutnya.

“Setiap peserta yang ikut ini, sebelumnya sudah mengikuti lomba di tingkat Kecamatan. Sehingga diharapkan, melalui lomba ini anak-anak cinta dengan budaya sendiri dan menambah pengatahuannya,” harapnya. (dlt)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: