18/01/2021

Karnaval Budaya Meriahkan HUT Mura ke-76

Advetorial

Musirawas SS – DINAS Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Musi Rawas (Mura) menggelar Karnaval Budaya  untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76. Karnaval Budaya ini dilepas oleh Bupati Mura, H Hendra Gunawan star di depan lapangan sepak bola Desa Trikoyo dan finis di lapangan sepak bola Desa Kalibening Kecamatan Tugumulyo, Sabtu (27/4).

Karnaval budaya itu diikuti oleh 13 Kecamatan, hanya Kecamatan Muara Lakitan yang tidak hadir. Setelah melepas karnaval, Hendra Gunawan didampingi Ketua TP PKK Mura, Hj Noviar Marlina Gunawan, Pj Sekda Mura EC Prikodesi, Ketua DPR Mura Yudi Pratama dan
Kepala Dinas Disbudpar, Amrullah.

Karnaval Budaya itu berlangsung meriah, setiap peserta menggunakan atribut seperti pakaian adat, serta menggunakan replika kendaraan hias daerah masing-masing. Di jalan-jalan yang dilalui, ribuan warga menyambut para peserta karnaval.

Dalam karnaval itu untuk lomba kreativitas dan inovasi juara satu di dimenangkan oleh,  Kecamatan Tugumulyo, juara kedua Selangit dan juara ketiga Muara Kelingi. Serra juara pavorit dirai oleh Kecamatan Tua Negeri, juara harapan tiga Muara Beliti, juara dua Megang Sakti, juara harapan satu BTS Ulu Cecar.

Sedangkan lomba mobil hias, dirai oleh juara favorit kecamatan Sukakarya, juara pertama STL Ulu Terawas, juara kedua Tugumulyo, juara ketiga Purwodadi. Selanjutnya, lomba busana kreatif tradisional unik, juara pavorit kecamatan Tuah Negri, juara tiga Selangit, juara dua  Tugumulyo dan juara satu STL Ulu Terawas.

Kepala Dinas Disbudpar Mura, Amrullah didampingi Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan, Hamam mengatakan karnaval atau kirab budaya  ini merupakan bukti nyata kebersamaan hidup masyarakat di Kabupaten Mura.

Karena di Kabupaten Mura terdapat berbagai suku, budaya, ras, golongan, dan agama. Sehingga masyarakatnya hidup rukun dan damai, ini menandakan satu keunggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Mura.

“Alhamdulillah acara berjalan sukses dan lancar, terima kasih semuanya yang telah ikut menyukseskan kegiatan ini. Tentunya kegiatan ini, agenda rutin dilakukan,” kata Hamam.

Ia merasa bangga dan bersyukur bisa memperoleh sebuah pertujukan yang merupakan bagian dari aset budaya, sehingga dapat dijadikan ajang kunjungan pariwisata untuk mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Mudah-mudahan nanti, kegiatan ini semakin ditingkatkan. Sekaligus bertujuan supaya  masyarakat yang beragam, hidup rukun dan damai,” harapnya.

Bupati Mura, Hendra Gunawan mengucapkan terima kasih atas diselenggaraknnya kegiatan ini yang begitu meriah. Karnaval ini merupakan modal besar untuk membangun Kabupaten Mura.

Maka ia meminta warganya untuk tetap menjaga dan merawat kebersamaan, kebangsaan, kebinekaan di Kabupaten Mura. Serta bersatu padu membangun daerah.

“Ini menjadi modal besar kita untuk membuat lompatan-lompatan pembangunan. Karena dengan modal keberagaman ini, akan memicu perkembangan pembangunan,” jelasnya.

Hendra Gunawan berharap, semoga dengan adanya karnaval ini dapat memberikan nilai positif bagi dalam membangun Kabupaten Mura. Menuju Mura Sempurna 2021.(agt/adv)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: