23/04/2021

Gedung PLHUT Musi Rawas Dilakukan Peletakan Batu Pertama

MUSI RAWAS- Bupati Musi Rawas (Mura), Hj Hendra Gunawan lakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Pusat Layanan Haji dan Umro Terpadu (PLHUT) di Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Mura, Komplek Agropolitan Center, Desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti, Rabu (20/5).

Dalam kesampatan itu Hendra Gunawan memberikan apresiasi atas terlaksananya pembangunan PLHUT Kabupaten Mura dan ini merupakan komitmen Pemkab Mura dalam meningkatkan dan menyempurnakan pelayanan kepada masyarakat dalam memperoleh layanan pendaftaraan, pembatalan manasik haji dan umrah.

“Dengan adanya gedung PLHUT ini, diharapkan akan semakin meningkatkan dan menyempurnakan kualitas pelayanan penyelenggarakan haji dan umroh di Kabupaten Mura,” harap Hendra Gunawan.

Kepala Kemenag Kabupaten Mura, H Hermadi mengatakan pembangunan Gedung PLHUT Kantor Kemenag merupakan suatu upaya untuk menciptakan pelayanan berbasis terpadu dan terintegrasi untuk mewujudkan system pelayanan yang efisien, efektif, serta menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam memperoleh layanan pendaftaran, pembatalan dan manasik haji dan umroh.

Selain itu dengan adanya gedung tersebut, diharapkan mampu memberikan penerimaan negara melalui pemanfaatan ruang publik oleh pihak-pihak swasta. Semisal dengan pihak perbankan syariah, saat calon jemaah haji melakukan proses pendaftaran, alangkah efektifnya apabila jemaah menjalani proses pendaftaran pada satu tempat layanan yang sama.

Seperti membuka tabungan, menyetor setoran awal biaya penyelenggaraan ibadah haji, dan melakukan pendaftaran haji pada gedung yang sarna. Sehingga calon jemaah tidak perlu harus berpindah-pindah tempat saat proses pendaftaran haji. Begitu pula saat jemaah akan memilih penyelenggara ibadah haji khusus/umrah, disediakan ruang untuk penerimaan pendaftaran haji khusus/umrah yang akan dilayani langsung oleh Penyelenggara ibadah haji khusus/penyelenggaran.

“Tujuannya pembangunan Gedung PLHUT dapat mewujudkan pelayanan satu atap atas penyelenggaraan ibadah haji reguler, khusus, maupun umrah atas proses pendaftaran, konsultasi, dan bimbingan manasik kepada jemaah haji dan umrah,” kata Hermadi.

Selanjutnya memenuhi hak-hak masyarakat berupa pelayanan, pembinaan dan perlindungan kepada jemaah haji dan umrah.

“Dengan adanya gedung PLHUT tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan kualitas pelayanan penyelenggaraan haji dan umroh di Kabupaten Mura,” harapnya. (dlt)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: