19/04/2021

El Rizawati Cakades Perempuan Pertama di Leban Jaya

*Ajak Masyarakat Bangkit Bersama Wujudkan Perubahan

MUSI RAWAS, Kabupaten Musi Rawas (Mura) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), pada bulan April mendatang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak. Pilkades serentak ini diikuti sebanyak 112 desa dan salah satunya adalah Desa Leban Jaya Kecamatan Tuah Negeri.

Yang cukup menarik di Desa Leban Jaya ada sesosok figur Srikandi yang memiliki potensi dan berkomitmen tinggi untuk mengutamakan kepentingan masyarakat.

Satu-satunya dan yang pertama calon kepala desa (Cakades) perempuan di Desa Leban Jaya ini sosok yang ramah dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar, diterima semua kalangan baik golongan tua maupun muda ini adalah El Rizawati.

Ketika awak media menyambangi kediamannya di Dusun l Desa Leban Jaya Kecamatan Tuah Negeri, Sabtu (27/3/2021), El Rizawati menyambut kedatangan awak media dengan ramah.

Mengawali pembicaraan, Srikandi Leban Jaya ini menyatakan berangkat dari belum maksimalnya pembangunan di tingkat desa khususnya Desa Leban Jaya, dirinya merasa terpanggil untuk mengabdikan diri dengan mengikuti bursa pencalonan Kepala Desa (Kades) Leban, Jaya Kecamatan Tuah Negeri.

“Alhamdulillah, saat pengundian nomor urut, kita mendapatkan nomor urut 4,” ujarnya.

El Rizawati mengungkapkan, dirinya maju pada Pilkades bukan serta merta begitu saja. Disamping adanya dukungan dan permintaan masyarakat sekaligus masih banyaknya kekurangan di desanya seperti belum maksimalnya pengelolaan sumber daya alam (SDA) di desa, pemberdayaan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM), belum meratanya pembangunan antar dusun.

Disinggung mengenai visi dan misinya sebagai calon kepala desa, El Rizawati menjelaskan visinya yakni “Bangkit Bersama Wujudkan Perubahan Untuk Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih Menuju Desa Leban Jaya yang Adil, Makmur, Sejahtera dan Bermartabat”.

Dengan niat yang tulus, El Rizawati mengajak masyarakat Leban Jaya untuk bangkit bersama menuju perubahan.

“Untuk mewujudkan perubahan itu, kita siap meningkatkan pembangunan desa di segala sektor,” ujar ibu dari dua anak yang akrab disapa Riza ini dengan semangat.

Selanjutnya, isteri dari Ami Pansa ini mengungkapkan, untuk mewujudkan visi tersebut, dirinya juga sudah menyiapkan berbagai misi, diantaranya:

  1. Menciptakan pemerintah desa yang tanggap terhadap aspirasi masyarakat dengan meningkatkan pelayanan publik dan memberikan keterbukaan informasi, serta menerapkan program gratis dari pemerintah seperti pembuatan akte kelahiran, kartu keluarga, kartu identitas anak, KTP dan lainnya;
  2. Meningkatkan sinergitas dan pemerataan dalam proses pembangunan sarana dan prasarana umum yang terarah agar tidak terjadi kesenjangan sosial guna mendukung kelancaran perekonomian masyarakat;
  3. Menyalurkan program bantuan dari pemerintah kepada masyarakat yang layak membutuhkan;
  4. Melakukan reformasi sistem kerja aparatur pemerintah desa guna meningkatkan kwalitas pelayanan kepada masyarakat;
  5. Meningkatkan peran serta ulama dalam proses pembangunan agar tercapai masyarakat yang religius;
  6. Memaksimalkan peran serta unsur kepemudaan dan PKK dalam pembangunan desa;
  7. Mengalokasikan anggaran untuk kegiatan keolahragaan baik ditingkat desa, kecamatan dan kabupaten;
  8. Optimalisasi badan usaha milik desa untuk meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi desa;
  9. Meningkatkan kemampuan pengelolaan serta transparansi aset Desa;
  10. Mewujudkan peningkatan hasil tani dan pengelolaan hasil pertanian serta menumbuhkan dan mengembangkan industri UMKM;
  11. Meningkatkan pelayanan kesehatan dengan memberi santunan kesehatan dan santunan kematian bagi warga desa Leban Jaya;
  12. Meningkatkan mutu pendidikan dengan memberikan beasiswa bagi anak berprestasi yang tidak mampu (SD, SMP,SMA).

“Saya berharap kepada seluruh sanak famili dan seluruh masyarakat Desa Leban Jaya, mohon doa dan dukungannya pada tanggal 8 April 2021 nanti coblos nomor urut 4,” tukasnya. (Rls)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: