08/03/2021

Demi Pelayanan Kesehatan, Petugas Puskesmas Muara Lakitan Rela Menyesuri Jalan Berlumpur

MUSI RAWAS- Tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan di dalam Puskesmas saja, namun Puskesmas Muara Lakitan lakukan pemberian pelayanan  jemput bola di dusun Sopa dan Dusun Panglero, Desa Semangus Lama, Kecamatan Muara Lakitan, Selasa (17/12).

Kali ini, pelayanan kesehatan tidak dilakukan seperti biasanya yang menunggu warga datang ke Puskesmas untuk memeriksakan kondisi tubuhnya. Namun, kini tim medis berusaha untuk mendatangi langsung rumah warga dan memberikan pengobatan jika terdapat yang sedang sakit.

Perjalanan panjang menyusuri waktu hingga rela menyusuri lumpur, memang tidak semua jalur (jalan penuh lumpur). Akan tetapi, sejatinya disetiap titik semuanya jalan berlumpur. Dan jarak yang ditempuh kurang lebih selama 4 jam dari pusat kota.

Tentu jauhnya akses ke kota dan kondisi jalan yang tidak seluruhnya mulus menjadi kendala serius bagi masyarakat. Program jemput bola yang siap hadir lebih dekat ke masyarakat, dengan fasilitas kendaraan roda empat untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, kegiatan pelayanan kesehatan  ini sangat menarik perhatian masyarakat. Banyak sekali warga datang,” kata Kepala Puskesmas Muara Lakitan, dr Arinanda Kurniawan saat itu dirinya juga ikut dalam pelayanan tersebut.

Dengan semangat kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Mari  terus  bergotong-royong dalam upaya memberikan pelayanan terbaik, melalui pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Walaupun sulit diakses, yang penting pelayanan harus tetap berjalan,” jelas Ari sapaannya.

Saat petugas tiba di Dusun tersebut, masyarakat mulai datang dan bersiap-siap, seolah tak mau melewatkan kesempatan berharga ini dengan begitu saja.

Salah satunya Muliani (25), warga Dusun Sopa ini merasa sangat senang karena tidak perlu jauh ke Puskesmas untuk mengecek usia kandungannya yang saat ini sudah masuk usia sembilan bulan.

“Setelah diperiksa saya bisa langsung balik untuk bekerja, tidak perlu seharian jalan jauh ke Kecamatan. Bagi saya sangat membantu, sangat hemat pengeluaran dan hemat energi,” terang wanita baru anak satu ini.

Senada dengan Mar (35), warga Dusun Panglero
juga menyampaikan hal yang sama, bahkan ia berharap kegiatan itu dilakukan secara kontinyu minimal setiap bulan sekali.

“Bagi kami pelayanan ini sangat terbantu sekali, terima kasih kepada petugas Puskesmas Muara Lakitan atas pelayanan yang diberikan,” imbau Mar. (*)

Laporan: Daulat

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: