20/04/2021

Api Obor Asian Games 2018 Diarak Berkeliling Sumsel

Palembang – Setelah terjun payung dari ketinggian 7.000 feet, tinder box api Asian Games 2018 mendarat di Lapangan Gelora Sriwijaya, Kompleks Jakabaring Sport City, Sabtu pagi, 4/8, bersama 52 penerjun payung.

Tinder Box kemudian diserahkan oleh Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu, kepada Gubernur Sumatera Selatan, H. Alex Noerdin yang digunakan untuk menyalakan api obor Asian Games 2018 sekaligus menjadi pemegang estafet pertama untuk dibawa arak-arakan di Kota Palembang.

Alex mengungkapkan bahwa event ini merupakan impian seluruh masyarakat Sumsel, dimulai dari  PON ke 16 Tahun 2014, Islamic Solidarity Games, Sea Games, Asian University Games, dan sekarang puncaknya 18 Agustus yaitu Asian Games 2018 yang insya Allah akan berjalan sukses.

“Antusiasme rakyat Sumsel sangat luar biasa, sepanjang jalan obor api disambut luar biasa oleh masyarakat, karena Asian Games 2018 di Palembang membawa kegembiraan bagi seluruh rakyat,  dengan adanya Asian Games kota ini menjadi kota metropolitan”, ujarnya.

Menjelang 14 hari menuju Asian Games 2018, Beliau menyatakan bahwa Palembang telah siap menjadi tuan rumah untuk perhelatan akbar ini, karena seluruh pihak telah mendukung persiapannya dengan baik yaitu Pemerintah Pusat, Pemprov, Pemkot, rakyat, dan stakeholder yang terkait.

“Kalau tidak siap, maka tidak akan menjadi tuan rumah, Insya Allah siap 100%, segala persiapan telah diupayakan sejak bertahun-tahun lalu ditunjuk sebagai tuan rumah, maka hal ini seperti mimpi yang menjadi nyata,” pungkasnya.

Kemeriahan Arak-arakan torch relay diramaikan dengan penampilan akrobatik udara sebelum para penerjun payung turun, Festival Guyub 2018 yang menampilkan kesenian-kesenian yang ada di Sumatera Selatan di Benteng Kuto Besar dan penandatanganan prangko pos seri Asian Games 2018.

Kirab obor Asian Games 2018 rencananya di arak berkeliling Sumatera Selatan dari tanggal 4-7 Agustus 2018 dengan melalui 7 kab/kota yang ada di Sumsel yaitu Palembang,  Banyuasin,  Musi Banyuasin, Pali,  Prabumulih, dan OKI.

Setelah Kirab Obor tiba di Benteng Kuto Besak, Obor Diserahkan kepada Plh Walikota Palembang, Harobin Mastofa, kemudian dijadwalkan melintasi Sungai Musi menuju Pulau Kemarau, Kampung Al-Munawar, dan Disemayamkan di Rumah Dinas Walikota Palembang, sebelum diarak ke kabupaten selanjutnya.

Tim MC Diskominfo Prov. Sumsel

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: