24/01/2021

20 Peserta Ikuti Orientasi PWI Musi Rawas

MUSI RAWAS- Bupati Kabupaten Musi Rawas (Mura), H Hendra Gunawan buka Orientasi calon anggota dan peningkatan status keanggotaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mura yang diikuti 20 peserta. Bertempat di Alun-alun Taman Beregam Agropolitan Center, Desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti, Jumat (20/12).

Selain itu kegiatan tersebut bertemakan “Pers Musi Rawas Yang Frofesional dan Beretika, Bersama Ikut Mencerdaskan Masyarakat Menuju Musi Rawas Sempurna”.

Dihadiri juga oleh Ketua PWI Provinsi Sumsel H Firdaus Komar, Ketua PWI Mura Novi Yansyah, Kepala Diskominfo Mura M Rozak,  Kabag Humas Mura Dicky Zulkarnain, Kepala Dinas PU CKTRP Kabupaten Mura H Ristanto Wahyudi, Kabag Ops Polres Mura Kompol Suparlan, Waka II DPR Mura Hendra Adi Kusuma, para OPD dan peserta lainnya.

Ketua PWI Mura, Novi Yansyah melaporkan bahwa dari jumlah 20 peserta itu diantaranya lima orang Wartawan yang mengikuti peningkatan status keanggotaan. Terdiri dari media cetak, elektronik, wartawan media online yang bertugas di Kabupaten Mura.

Lanjut Novi Yansyah menjelaskan, bahwa Orientasi ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik yang bertujuan untuk memberikan penyariangan anggota baru, dimana prosedurnya seperti itu.

“Wartawan yang bertugas di Kabupaten Mura lebih kurang 150 orang lebih. Namun yang dipilih hanya 20 orang saja,” kata Novi Yansyah.

Novi Yansyah juga meminta para peserta, untuk bersungguh sungguh mengikuti seluruh materi yang diberikan para narasumber dari PWI Sumsel.

“Diharapkan setelah Orientasi ini, para wartawan akan dipersiapkan lebih frofesional lagi kedepannya dalam menjalani tugas,” harap Novi.

Sementara Ketua PWI Sumsel, Firdaus Komar merasa bangga dan mengucapkan terima kasih  kegiatan itu dapat terlaksana. Dan Orientasi ini suatu rangkaian guna menjaring wartawan dan mekanisme wartawan, untuk mengatahui yang benar-benar wartawan.

Fenomena wartawan saat ini sudah banyak, karena menjadi wartawan siapa saja bisa. Maka digelarkannya kegaiatan ini, untuk menguji wartawan dalam UUD 40 tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik.

“Kerja wartawan ini adalah harus frofesional, bahwa peran media sangat penting. Sehingga melalui media, Pemerintah dan media tetap selaluh bersinergi,” kata Firdaus Komar.

Firdaus Komar mengajak seluruh wartawan yang ikut dalam Orientasi tersebut, untuk menjadi wartawan yang profesional dan buatlah berita yang berdasarkan fakta.

“Saya berpesan kepada wartawan, selama bertugas tunjukanlah sebagai wartawan yang berkualitas dan jadilah wartawan yang frofesional” imbau Firdaus sapaannya.

Bupati Mura, Hendra Gunawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberadaan organisasi PWI sebagai wadah tempat berkumpulnya para insan pers dan wartawan memiliki arti yang sangat penting bagi Pemerintah. Sebagai mitra publikasi kegiatan Pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

“Tentunya kita akan tetap bersinergi dengan para wartawan, baik dalam mempublikasi pembangunan dan lainnya. Guna untuk menuju Musi Rawas Sempurna,” kata Hendra Gunawan.

Hendra Gunawan mengharapkan agar para peserta dapat menggunakan kesampatan itu sebaik-baiknya. Semoga mendapatkan bekal dan ilmu pengatahuan kedepannya. (*)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: