18/01/2021

16 Ribu Beni Ikan Patin Disebar ke Sungai Kelingi Mandi Aur

MUSI RAWAS- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) menebarkan 16 ribu benih ikan ke Sungai Kelingi tepatnya di Desa Mandi Aur, Kecamatan Muara Kelingi guna menjaga ekosistem yang masih terancam eksploitasinya.

Penyebaran beni ikan itu dilakukan langsung oleh Kades Mandi Aur, Dodi Johan beserta perangkat dan warganya. Ribuan benih ikan yang disebar merupakan jenis patin yang angka konsumsinya saat ini cukup tinggi dan menjadi jenis ikan paling banyak tekanan eksploitasi.

Penyebaran juga dimaksudkan untuk mengakomodasi ketergantungan masyarakat sepanjang aliran Sungai Kelingi yang masih menjadikan ikan sebagai lauk utama sehari-hari.

Dalam penyebaran ikan itu, pihaknya juga mengimbau para warga (nelayan) agar menggunakan alat tangkap ramah lingkungan, jangan sampai benih yang sudah ditebar ini mati karena aktivitas tangkapan.

“Kita sangat bangga atas penyebaran beni ikan ini, dan kita meminta kepada warga untuk tidak lagi ada yang pakai setrum,” kata Dodi Johan kepada awak media, Selasa (26/11).

Menurut pria yang dekat dengan awak media ini, pihaknya rutin memberikan  pemahaman kepada warganya cara tangkap ikan yang baik dan tidak menggunakan alat sentrum.

“Maka melestarikan ikan di Sungai adalah kewajiban bersama,” imbau Dodi.

Dirinya juga berharap, setelah dilakukan penyebaran beni ikan ini agar nantinya anak-anak bisa bermain dan memancing ikan di sungai. Termasuk menggugah kesadaran warga untuk ikut menjaga sungai. (*)

Laporan: Daulat

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: